Product

Daun Alpukat

Manfaat daun alpukat memang telah digunakan untuk keperluan pengobatan tradisional di masyarakat Indonesia. Banyak orang yang telah mempercayai khasiat daun alpukat yang digunakan sebagai pengobatan herbal dan bahkan dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Tanaman alpukat berasal dari Meksiko Amerika Tengah, saat ini buah alpukat telah di budidayakan di Amerika Selatan dan juga amerika tengah sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropis di dunia, termasuk Indonesia. Tanaman alpukat yang mempunyai nama latin Persea Americana Miller ini sangat banyak di temukan di Indonesia. Walaupun bukan tanaman asli Indonesia, tetapi keberadaannya tidak asing lagi bagi masyarakat.

Masayarakat indonesia sudah sejak dulu kala telah melakukan serangkaian upaya penanggulangan penyakit menggunakan bahan-bahan dari alam sebagai pengobatan tradisional. Salah satunya yaitu memanfaatkan daun alpukat untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Salah satunya terdapat pada kandungan zat daun alpukat ini adalah :

Querstin adalah senyawa keompok flavonol terbesar, querstin dan glikosidannya berada dalam jumlah sekitar 60-75%. Querstin di percaya dapat melindungi tubuh dari beberapa jenis penyakit degenerative dengan cara menangkap radikal bebas dan menghelat ion logam transisi makanan yang rendah, pemasakan dapat menyebabkan terjadinya proses dedgradasi oleh panas dan dapat melarutkan kuersetin dari air yang mendidih. Daun alpukat rasanya pahit berkhasiat sebagai diuretik dan menghambat pertumbuhan beberapa bakteri seperti staphylococcus sp, pseudomonas sp, protectus sp, escherichea sp, dan bacillus sp. Selain itu berkhasiat untuk menyembuhkan kencing batu, darah tinggi, dan sakit kepala. Daun yang dibuat teh dapat meyembuhkan nyeri saraf, nyeri lambung, bengkak saluran pernapasam dan haid tidak teratur.

Polifenol adalah sub-kelompok fitonutrien yang ditemukan pada makanan seperti pada manfaat teh, bawang, anggur dan kacang-kacangan tertentu. Polifenol alami melindungi tanaman melawan patogen , parasit dan predator dan sering berkontribusi pada rasa dan warna buah dan sayuran. Polifenol adalah kelompok zat kimia yang di temukan pada tumbuhan. Zat ini memiliki tanda khas yakni memiliki banyak gugus fenol dalam molekulnya. Plofenol berperan dalam memberi warna pada suatu tumbuhan seperti warna daun saat musim gugur.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    PT Sari Alam Sukabumi selalu memenuhi persyaratan Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) yang dinamis dan akan selalu memberikan pelatihan pada para Karyawan kami untuk dapat bekerja dengan disiplin yang tinggi sesuai dengan prosedur tetap yang telah disahkan serta mempertahankan pengendalian semua proses, aktivitas dan dokumentasi dari semua perubahan dan perbaikan. Untuk membantu pencapaian sasaran ini maka dibentuk Departemen Pemastian Mutu yang bertanggung jawab untuk membangun, mengembangkan dan memonitor pelaksanaan Sistem Mutu.

    ADDRESS

    Kp. Padangenyang Babakan Sirna Rt.01 / 10
    Ds. / Kec. Sukaraja – Sukabumi.

    PHONE

    +62 (0266) 232718

    EMAIL

    sari.alam81@yahoo.com

    Cart