Ekstrak Gabus

Ikan Gabus dengan nama latin Channa striata tergolong sebagai ikan predator buas yang memangsa serangga dan hewan air kecil pada habitat aslinya. Ikan gabus memiliki berbagai sebutan yang berbeda di beberapa daerah. Ikan gabus merupakan ikan air tawar liar yang dibudidaya di sungai dan waduk menggunakan karamba. Peningkatan kebutuhan ikan gabus akan turut memengaruhi ketersediaan stok di perairan umum. Ikan air tawar ini memiliki nilai ekonomi yang terus meningkat karena rasanya enak dan ketersediaannya sepanjang tahun. Ikan gabus dengan daging tebalnya kerap diolah sebagai bahan pembuatan kerupuk, pempek, ikan asin, dan ikan asapan.

Image Courtesy : kompas.com

Ikan gabus diketahui mampu bertahan hidup selama musim kemarau dengan menggali lumpur pada kanal, danau, dan rawa. Ikan gabus yang termasuk dalam family Channidae dapat bergerak dalam jarak jauh pada musim kemarau untuk mencari sumber air. Secara morfologi, ikan gabus memiliki organ napas tambahan pada bagian atas insangnya sehingga mampu menghirup udara langsung dari atmosfer. Meski penampilan ikan yang satu ini cukup menyeramkan, tapi kandungan gizi di dalamnya tak perlu diragukan.

Ikan gabus dikenal sebagai sumber protein hewani terbaik dan penting untuk dikonsumsi. Ikan gabus diketahui memiliki kandungan albumin yang tidak dimiliki oleh ikan lainnya sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Ikan gabus yang kaya akan kandungan albumin dapat membantu kamu untuk memenuhi cairan dalam darah sehingga cairan tubuh lebih seimbang. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kandungan albumin pada ikan gabus menduduki peran penting dalam mempertahankan hemeostasis dalam tubuh.

 

Image Courtesy : harapanrakyat.com

Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan Tubuh : Mencegah Terjadinya Pembengkakan, Mempertahankan Cairan dalam Tubuh, Menyimpan Nutrisi, Membentuk Sel Darah Putih, Mengobati Diabetes Melitus, Meningkatkan Kesehatan Otak Bayi, Mencegah Penyakit Asma, Membantu Proses Pembentukan Sel Tubuh dan Otot, Memperbaiki Gizi Buruk, Mempercepat Penyembuhan Luka Pascaoperasi, Mengobati Penyakit Jantung dan Stroke, Mengatasi Penyakit Kulit, Antijamur dan Antimikroba, Mengatasi Radang Sendi